Background

konfigurasi briker menggunakan voip server


Briker adalah IPPBX berbentuk software. “Dengan menginstall Briker pada komputer, maka komputer itu berubah jadi mesin PBX (private branch exchange) dengan kemampuan telekomunikasi via jaringan IP. Briker merupakan distro Linux baru yang khusus dibuat untuk membantu masyarakat dalam memanfaatkan jaringan berbasis IP milik mereka―untuk berkomunikasi, baik lewat suara atau video. Setelah VoIP Rakyat, inovasi baru di bidang komunikasi kembali dikembangkan oleh Anton Raharja. Briker namanya. Sama seperti VoIP Rakyat, Briker dikembangkan dengan basis open source.

Briker mulai dikembangkan sekitar pertengahan tahun 2008. “Pengembangannya tidak terlalu lama juga, hitungan bulan, tidak sampai setengah tahun,” Distro (distribusi) Linux yang satu ini dibangun bersama beberapa rekan anton raharja yang ikut memelihara VoIP Rakyat. “Di sana ada tim dari PT Infotech Media Nusantara.”
Briker dikembangkan dengan mengintegrasikan beragam open source software. “Daftar lengkapnya ada di dalam Briker itu sendiri, tidak rahasia sama sekali. di sana ada Linux, server VoIP, database, web server, dan banyak lagi software pendukung. Beragam software itu pun punya lisensi yang beragam. Antara lain LGPL, GPL, GPLv3, BSD License. Semuanya terbuka untuk umum, dapat dibaca, dipelajari dan diubah.

VoIP Rakyat dan Briker, keduanya sama-sama dikembangkan sebagai media komunikasi. Lalu, apa bedanya? “VoIP Rakyat adalah penyedia jasa telekomunikasi berbasis IP (internet protocol), baik voice, video, maupun teks. VoIP Rakyat sifatnya gratis dan tidak resmi. Menurutnya, solusi komunikasi ini fokus pada pemanfaatan jaringan berbasis IP yang telah ada.

Berikut saya akan menjelaskan langkah langkah menggunakan konfigurasi Briker pada VOip.
Pada langkah pertama kita akan menginstalasi baplikasi Briker pada linux.
1.      Tampilan pertama akan muncul tampilan setup seperti dibawah ini, pilih “1. Automatic (WARNING)”.
 
2.      Tampilan setup akan berubah seperti dibawah ini, tampilan akan meminta login dan password.
login                : support
Password         : Briker
3.      Setelah masuk, tulis “su -”.
4.       Lalu masukkan password : “Briker”.
5.      Setelah itu tulis “setup”.




6.      Pilih network configuration.
7.      Pilih device configuration.




8.      Pilih eth0.
9.      Tandai use DHCP dengan menekan space. Lalu ok.




10.  Pilih save&quit.
11.  Lalu pilih quit.



12.  Tampilan akan berubah seperti dibawah ini:
13.  Lalu ketikkan perintah “/etc/init.d/network restart”.








14.  
15.  Setelah itu Restart Network :#  /etc/init.d/network restart ,maka IP nya secara Dynamic akan berubah menjadi 172.16.30.52. kemudian lakukan ping dari OS Briker ke IP PC(172.16.30.52) dengan cara mengetik peritah : Ping 172.16.30.52.
16.  Lakukan juga ping dari PC ke Briker dengan cara mengetik di command promt : ping 172.16.30.65.
17.  Lalu buka browser pada windows kemudian masukkan pada IP Briker (172.16.30.52) pada bar alamat url, dengan mengetik perintah : //172.16.30.52

Kemudian tekan Enter, dan akan tampil gambar di bawah:


Masukkan username dan passwornya:

Tampilah setelah login:
18.  Untuk Membuat extension pada IPPBX, maka klik tab IPPBX Administration. Dan  untuk menambah extension klik, extension pada menu basic.


19.  kemudian kita mensetting untuk user extension. Dimana user extension yaitu 171 & 1732display name nya adalah mihaddi, seperti pada gambar dibawah ini. Pada SIP alias 181 adalah mihaddi dan pada SIP alias 182 adalah User_lain. Kemudian pada calllimit di buat 10, itu berarti untuk menunggu panggilan akan selama 10 detik.

20.  setelah konfigurasi diatas selesai, maka selanjutnya buka aplikasi x lite untuk melakukan komunikasi dari pc 1 ke pc 2. Langkah setting pada X-lite pada windows:
a)      Buka software X-lite pada PC1 sebagai client.

Note : Disini satu PC dianggap sebagai satu telepon. Jadi, untuk mengetes voip ini kita membutuhkan minimal dua PC yaitu PC 1 dan PC2.









b)      Klik pada menu:

21.  Pilih Add



22.  Isi dengan data kamu :

23.  Pada tab “Account” masukan parameter-parameter sebagai berikut:
·         Display Name = <nama anda>
·         User name = <phone>
·         Password = <password>
·         Authorization user name = <biarkan kosong>
·         Domain = <IP pada PC server>
Pada tab “Voicemail” hilangkan centang pada “Check for voicemail” kemudian klik tombol “OK”.

c)      Lakukan hal yang sama pada PC2 sebagai client dengan nomor akun yang tersedia, misalnya: jika pada PC1 menggunakan nomor akun 231 maka pada PC2 menggunakan nomor akun 232.
d)      Setelah selesai setting pada X-lite maka kita lakukan panggilan dari PC1(no akun 231) ke PC2(no akun 232), dengan cara pada PC1 menekan nomor “232” kemudian Klik tombol Dial.







Categories: Share

Leave a Reply