Background

Konfiguration Voip Server with X-lite – Asterisk


     Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).
Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak milik dan standar serta protokol terbuka. Contoh protokol jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi:
·         H.323
·         Media Gateway Control Protocol (MGCP)
·         Session Initiation Protocol (SIP)
·         Real-time Transport Protocol (RTP)
·         Session Description Protocol (SDP)
·         Inter-Asterisk eXchange (IAX)


Keuntungan VoIP
·         Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
§  Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
§  Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
§  Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
§  Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
§  Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.

Kelemahan dari VoIP

·         Kualitas suara tidak sejernih Telkom. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
·         Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
·         Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
·         Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
·         Jika memakai internet dan komputer dibelakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
·         Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
·         Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
·         Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
·         Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran

     Asterisk adalah software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Asterisk adalah software Open Source yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).

Topologi

Langkah-langkah untuk mengkonfigurasi komputer sebagai server:

1.    Install asterisk dengan command:
 “apt-get install asterisk
2.                  selanjutnya edit file pada
nano /etc/asterisk/sip.conf
           
            masukkan daftar account berikut pada halaman terakhir:
(KETERANGAN): jika ingin menambahkan account silahkan menambahkan nomornya dari 233-seterusnya. Nomor account dapat diubah sesuai yang diinginkan.
           
;add by ben
[230]                                        %merupakan nomor account
type=friend
context=Rinaldi                          %nama context disesuaikan pada file “Extension”
username=230                          %username
secret=230                               %password
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all

[231]
type=friend
context=Rinaldi
username=231
secret=231
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all

[232]
type=friend
context=Rinaldi
username=232
secret=232
host=dynamic
nat=no
dtmfmode=rfc2833
allow=all


3. Lalu edit file pada:
      “nano /etc/asterisk/extensions.conf
KETERANGAN: masukkan daftar extension disesuaikan dengan banyaknya account yang dibuat pada sip.conf. Jumlah Exten yang dibuat disesuaikan dengan jumlah account yang dibuat pada konfigurasi .sip

; one function. Remember that function names are UPPER CARE

; add by ben
[Rinaldi]
exten => 231,1,Dial(SIP/231,20)
exten => 231,2,Hangup()

exten => 102,1,Dial(SIP/232,20)
exten => 102,2,Hangup()

exten => 100,1,Playback(demo-echotest)
exten => 100,2,Echo
exten => 100,3,Playback(demo-echodone)

4. Setelah selesai dikonfigurasi, lakukan restart
asterisk –rx “reload” “


jika keempat tahap diatas telah dilakukan, maka konfigurasi VoIP di ubuntu 11.10 telah berhasil, untuk pengetesan dapat menggunakan aplikasi X-Lite, adalah aplikasi soft phone yang mendukung VoIP yang bersifat Freeware. Dengan menginput data pada properties X-lite
Display name,  User name dan IP server

Langakah setting pada X-lite pada windows:
1.   Buka software X-lite pada PC1 sebagai client.
      Klik pada menu:

 Menu > SIP Accounts Setting

      2. Pilih Add...


     3.   Isi dengan data anda:



Keterangan:
 Pada tab “Account” masukan parameter-parameter sebagai berikut:
·         Display Name = <nama anda>
·         User name = <phone>
·         Password = <password>
·         Authorization user name = <biarkan kosong>
·         Domain = <IP pada PC server>

Pada tab “Voicemail” hilangkan centang pada “Check for voicemail” kemudian klik tombol   “OK”.

3.     Lakukan hal yang sama pada PC2 sebagai client dengan nomor akun yang tersedia, misalnya: jika pada PC1 menggunakan nomor akun 231 maka pada PC2 menggunakan nomor akun 232.
4.      Setelah selesai setting pada X-lite maka kita lakukan panggilan dari PC1(no akun 231) ke PC2(no akun 232), dengan cara pada PC1 menekan nomor “232” kemudian Klik tombol Dial.


--end--




Categories: Share

Leave a Reply